Pages

Wednesday, March 5, 2014

Sejarah Singkat Bahasa Inggris

Awal Mula Terbentuknya Bahasa Inggris


Sejarah awal mula terbentuknya bahasa Inggris di mulai oleh kedatangan 3 suku jermanik yg menyerbu Inggris pada abad ke 5 masehi. Suku-suku ini bernama, the angles, the Saxons, dan the jutes, mereka menyerbu Inggris dengan menyebrangi laut utara yg sekarang lebih dikenal sebagai Denmark dan German utara. Pada saat itu penduduk asli inggris berbicara menggunakan bahasa celtic. Namun akibat penyerbuan ke 3 suku jermanik di atas, penutur celtik tersebut ter usir ke barat dan utara inggris (wales, Scotlandia, dan Irlandia). The angles, salah satu suku penjajah yg berasal dari jerman berasal dari "Englaland" dan bahasa mereka di sebut “Englisc”, nah dari sini lah asal mula kata England (inggris-negara) dan English (Bahasa Inggris) berasal.

Penjajah dari jerman menyerbu Inggris dari pesisir timur dan selatan inggris di abad ke 5.


Old English (450-1100 AD)
Penggalan Sastra old english “Beowulf”,
puisi yg di tulis dalam old English.
Ketiga suku penjajah jermanik berkomunikasi dengan bahasa sama, yg kemudian di sebut Old English (Bahasa inggris awal). Old English tidak terdengar atau sama dengan bahasa inggris yg kita gunakan pada masa sekarang ini. Penutur asli Bahasa Inggris pada zaman sekarang bahkan akan mengalami kesulitan untuk memahami old English. Namun demikian, hampir setengah kata-kata bahasa inggris yg sering di gunakan sekarang memiliki akar kata old English. Kata-kata seperti be, strong dan water, contohnya berasal dari old English. Old English di pakai sampai tahun 1100.

Middle English (1100-1500)
Contoh Sastra Middle English
Pada tahun 1066, William “Sang Penakluk” The duke of Normany (yg dahulunya merupakan bagian Perancis), menyerang dan menaklukkan inggris. Penakluk terbaru ini di sebut di sebut “the Normans” dan mereka membawa bahasa yg terdengar seperti bahasa perancis, yg kemudian menjadi bahasa orang-orang bangsawan dan bahasa pemerintahan. Pada masa ini, ada semacam perbedaan linguistic di kasta kalangan orang inggris dimana orang kelas bawah berbahasa Inggris dan orang kelas atas seperti bangsawan dan politisi berbahasa Perancis. Baru pada abat ke 14 bahasa inggris kembali menjadi dominan di Inggris dengan tambahan kosa kata dari bahasa Perancis.
Bahasa ini kemudian di sebut Middle English (Bahasa Inggris pertengahaan). Middle English inilah yg merupakan bahasa ibu penulis puisi ter mashyur di inggris yg bernama Chaucer (c1340-1400). Middle English masih jauh berbeda dengan bahasa inggris zaman sekarang dan sama seperti Old English, Penutur asli bahasa inggris zaman kita masih kesulitan dalam memahami bahasa inggris pertengahan ini. 

Modern English
Early Modern English (1500-1800)
Penggalan Sastra Inggris modern awal
 "Hamlets" "To be, or not to be" oleh Shakespeare
Di penghujung akhir Middle English, terjadi perubahaan pronunciation (Lafal Pengucapan) bahasa inggris. Pengucapan vowels (huruf hidup) lebih pendek dan singkat. Pada abad ke 16 orang inggris telah berhubungan dengan orang-orang dari seluruh dunia dan hal ini lah yg menyebabkan banyak kata-kata dan frase-frase bahasa asing mulai mempengaruhi kosa kata bahasa inggris. Penemuan alat percetakkan juga mempermudah orang untuk mencetak buku yg sama dan akibatnya harga buku menjadi semakin murah dan banyak orang yg mulai belajar membaca. (Ternyata sebelum penemuan alat cetak, buku itu harganya selangit dan hanya orang-orang berduit lah yg dapat membeli nya, sehingga mereka menjadi lebih pintar, sedangkan orang petani hanya bisa melihat dan tak bisa berbuat apa-apa)

Setelah alat percetakkan semakin populer, maka para scholar mulai menuangkan pikiran mereka ke dalam buku. Sehingga dicetaklah buku yg memperkenalkan standard pengucapan dan tata bahasa inggris (grammar). Dan pada tahun 1604 kamu bahasa inggris perdana di publish di inggris

Late Modern English (1800-Present)
Perbedaan utama antara Early Modern English (bahasa inggris modern awal)  dan Late Modern English (Bahasa inggris modern sekarang) ada pada kosa katanya. Late Modern English memiliki lebih banyak kata yg terjadi karena adanya revolusi industry dan penemuan technology yg membutuhkan sebuah nama baru untuk setiap mesin yg di temukan, dan kedua karena kerajaan inggris sedang pada masa jayanya dan menguasai seperempat permukaan bumi, dan kemudian bahasa inggris mengadopsi kata-kata bahasa asing dari seluruh Negara, terutama dari negara yg menjadi koloni mereka.

Variasi Bahasa Inggris
Sejak abad ke 16, kolonisasi kerajaan inggris di benua Amerika menyebabkan terjadinya perbedaan antara bahasa inggris kerajaan dan bahasa inggris amerika. Beberapa pengucapan dan kata-kata "membeku" saat mereka tiba di benua Amerika. Bahasa inggris Amerika hampir menyerupai bahasa inggris yg dulu di gunakan oleh Shakespeare dari pada Bahasa yg di pakai di Kerajaan Inggris pada masa sekarang ini. Beberapa ucapan yg di sebut Orang inggris “Americanisms” sebenarnya merupakan ucapan bahasa inggris asli yg terlindungi di koloni benua amerika setelah expresi tersebut punah di kerajaan inggris (ucapan seperti, Trash untuk Rubbish, Loan di jadikan verb dari pada lend, dan fall untuk musim gugur daripada autum; contoh lainnya, frame-up, berasal dari inggris yg di populer kan oleh film Gangster Hollywood). Orang spanyol juga punya pengaruh besar di Bahasa inggris amerika, kata-kata seperti canyon, ranch, stampede, dan vigilante merupakan beberapa contoh kosa kata bahasa spanyol yg kemudian di adaptasikan sebagai kosa kata bahasa inggris.

Saat ini, bahasa inggris amerika sangat berpengaruh karena dominasi Amerika dalam pembuatan Film, Musik, Tv Series, Perdagangan dan Teknology (termasuk internet). Namun ada banyak variasi bahasa inggris di dunia, contohnya seperti Bahasa Inggris Slandia Baru, Australia, Kanada, Amerika Selatan, Afrika Selatan, India dan Caribbean.


The Germanic Family of Languages


Bahasa Inggris adalah bagian dari kelompok Germanic Languages. Sedangkan Bahasa Jerman merupakan cabang dari bahasa Indo-European Languages


              Merriam Webster
            Oxford Dictionaries


2 comments: