Pages

Monday, March 24, 2014

Cara Mudah Belajar Bahasa Asing


Cara Mudah Belajar Bahasa AsingPagi ini saya akan berbagi tips cara yg tepat dan efektif dalam mempelajari bahasa asing, baik itu bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Perancis dan bahasa-bahasa lainnya. Tips dan tricks ini saya temukan secara tak sengaja dua bulan yg lalu ketika saya sedang browsing youtube dan menklik sebuah video yg menampilkan seorang pria asal italia bernama Luca Campariello yg dapat berkomunikasi dalam 12 bahasa.
Rasa kekaguman dan kepenasaran menuntun saya ke sebuah link website yg ia sediakan. Singkat cerita saya  telusuri semua postingan yg ada di website tersebut dan Alhamdulliah saya ketemu sebuah postingan dari beliau yg berjudul “An easy way to learn foreign languages”, betapa senang bukan kepalang, karena setelah saya simak secara seksama, metode yg ia sarankan sangat mudah untuk dilakukan dan tak membosankan. Saya telah aplikasikan semua metode yg ia tulis di postingan tersebut saat saya belajar bahasa Spanyol dan alhamdullilah sekarang saya sudah dapat membaca koran bahasa spanyol. Memang pemahaman saya masih cetek, tapi maklum ja lah, kan baru belajar selama 3 bulanan.


Metode yg ia tawarkan sangat sederhana. Teman-teman semua mesti menghabiskan setidaknya 1 hingga 2 jam perharinya  untuk belajar (maksimal 2 jam saja). Jika kalian tidak punya basic sama sekali di bahasa yg akan di pelajari, maka ia tekankan tuk belajar setidaknya 30 menit perhari saja, karena menurut Lucas kualitas belajar itu lebih baik dari pada kuantitas jika kalian masih dalam tahap pemula alias tidak ada basic sama sekali. Nah setelah kalian mengalokasikan waktu belajar yg sesuai maka ada empat komponen di metode ini yg mesti kalian lakukan.
Yaitu :

1.           Listening (Mendengarkan) dan Repeating (Mengulang)
2.           Writing (Menulis) dan Translating (Menerjemahkan) 

Listening dan Repeating

Menurut Lucas, listening dan repeating merupakan hal yg mesti di lakukan sejak dari awal pembelajaran. Cara ini adalah cara yg juga di lakukan oleh balita. Sebenarnya sih kita yg mengkopi cara mereka bukan sebaliknya. Pernah gak? Lihat seorang balita yg mencoba meniru setiap kata yg dikatakan ibunya? Pernah gak? Pernah kan? Nah, hal yg sama juga mesti kita lakukan. Downloadlah video youtube atau podcast (Rekaman Radio) dalam bahasa yg sedang di pelajari (sebaiknya yg paling mudah dan sesuai level bahasa kalian) Dengarkan dan coba ulang dan tiru cara mereka mengucapkan kata-kata. Lakukan terus hal ini hingga kalian terbiasa dengan alunan nada bahasa asing yg sedang di pelajari. (downloadlah file yg sesuai dengan kemampuan level masing-masing, bagi pemula sebaiknya download yg ada subtitle atau transkripnya)


Writing dan Tranlating

Carilah text percakapan bahasa sasaran dan kemudian terjemahkan dalam bahasa Indonesia lalu terjemahkan kembali ke bahasa sasaran. Misalnya, kalian lagi belajar bahasa inggris, maka carilah text percakapan singkat di internet dan kemudian di terjemah kan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia dan kemudian kembali terjemah text bahasa indonesia hasil terjemahan tadi kembali ke bahasa inggris. Lakukan proses terjemahan ini hingga waktu belajar kalian habis (30 menit, atau 1 hingga 2 jam). Setelah kalian yakin betul telah menguasai terjemahan dengan pemahaman yg cukup baik lalu ke esokan harinya cari lagi text bahasa inggris lainnya untuk di terjemahkan. Lucas, mengatakan bahwa writing dan translation ini dapat membantu dirinya untuk menghafal sekitar 80% apa yg ia baca. Tapi ingat, jangan belajar lebih dari 2 jam, karena nanti bosan dan akan membuat kalian merasa putus asa.

Ke empat komponen di atas harus rutin di lakukan setiap harinya. Jangan pernah di skip, karena ntar kalau kalian skip sehari dua hari akan membuat diri kalian malas.

Saya telah membuktikan ke ampuhan metode yg Lucas berikan dan jujur saya sangat terkesan dengan achievement yg saya peroleh. Saya akan terus menggunakan metode ini. Hal yg saya suka dengan metode ini yaitu saya tidak harus belajar grammar yg jumblahnya berjibun dan bikin pusing. Hanya dengan menerjemahkan hal yg sama hingga jam belajar habis secara tak langsung tata bahasa spayol masuk ke kepala saya. Jika ada pertanyaan atau saran, atau kalian ada metode lainnya yg terbukti efektif, silahkan beritahu saya di komen di bawah ini. Sampai nanti, adios




1 comments:

  1. kalau video korea yang ada subtitle koreanya di mana ya dapatnya. Masih newbee

    ReplyDelete