Pages

Tuesday, March 4, 2014

Pentingnya Belajar Bahasa Asing

"Two roads diverged in a wood, and I - I took the one less traveled by, 
and that has made all the difference." - Robert Frost, American poet


Masih segar di ingatan 4 tahun lalu dimana saya memulai perjalanan saya menelusuri lebatnya rimba belantara Bahasa Inggris. Banyak orang-orang dan bahkan teman saya sendiri yg sangat skeptik dan tak supportive dengan ide perjalanan ke rimba tempat dimana hanya segelintir orang berani pergi dan hanya beberapa kembali hidup-hidup. Namun apa daya, I'm a man of my word so Saya yg pada saat itu bahkan tak punya kompas pengetahuan yg memadai untuk bertahan hidup di rimba bahasa memberanikan diri untuk melangkahkan kaki ke dingin, lembab dan lebatnya hutan bahasa inggris.. Hidup di sana sangatlah susah, ratusan kali saya tersesat dan hampir putus asa dengan ke sesakan kesendirian akibat tak ada yg menunjukkan saya jalan yg benar.Tak terbesit sedikitpun di kepala bahwa 4 tahun kemudian akhirnya saya dapat keluar hidup-hidup, sehat, dan bahkan membawa survival skill saya ke kota tempat saya di lahirkan. Betapa bangga dan senangnya hati karena pada akhirnya saya dapat menaklukkan rimba yg sangat di takuttin oleh semua orang, jangankan masuk ke sana, dengar namanya saja orang-orang menggigil ketakutan. 
Nah, semenjak saya kembali ke dunia saya, saya mulai ceramah dan memberitahu ke semuanya bahwa Rimba bahasa inggris tak sebegitu menakutkan seperti yg mereka bayangkan bila hanya mereka punya perlengkapan yg tepat, seperti kompas kebenaran (kamus), tenda pelindung jiwa (Motivasi), dan ransel serba guna tempat dimana alat-alat survival di simpan (Materi belajar yg lengkap). Ke tiga hal yg saya sebut kan di atas sangat mudah di dapatkan, harganya pun murah, Jadi tunggu apa lagi? Beranikan lah diri tuk memulai perjalanan, memang agak susah pada awalnya, namun percayalah, Kalau kamu-kamu ada keinginan dan ke tiga alat yg saya sebutkan di atas. Maka kamu akan sukses. Nah untuk lebih membuat kamu-kamu semua untuk lebih semangat dalam memulai perjalanan, di bawah saya tulis 5 alasan betapa pentingnya belajar bahasa asing. 
   
 1.          Mengenal Lebih Dekat Bahasa Ibu 
            Nah, kalimat di atas memang benar loh, Pada saat kita belajar Grammar  (tata bahasa) bahasa asing, secara tak sadar kita juga belajar dan mengerti bagaimana cara membentuk kalimat bahasa ibu kita. Jadi jika ada orang yg bilang belajar bahasa asing itu akan membuat kita lupa bahasa ibu kita, maka screw 'em!,
2    2.         Memperkuat Memory
Belajar dan bicara bahasa asing meningkatkan kapasitas otak dan kamu juga akan mempunyai ingatan yg lebih bagus juga.  Menurut sebuah article yg di publish di The Telegraph, Otak itu seperti otot. Jika kita rajin melatihnya maka akan semakin tajam kemampuan otak dalam meproses ingatan. Seperti yg kita ketahui bersama, dalam mempelajari bahasa asing, kita mesti menghafal Grammar (tata bahasa) dan  vocabulary (kosa kata), nah, proses inilah yg membantu memperkuat otot mental di otak. Proses in lah yg membantu meningkatkan daya ingat otak. Maka dari itu orang yg mampu berkomunikasi  dan belajar lebih dari satu bahasa memiliki ingatan yg lebih baik.
3    3.         Memperluas Jangkauan Literatur, film, dan Music
Hampir semua sastra berkualitas tinggi di di tulis dalam bahasa asing, seperti buku, music, film, lukisan dan arsitektur. Walaupun sudah banyak terjemahan sastra tersebut dalam bahasa ibu kita. Namun satu hal yg mesti kita ketahui adalah, terjemahan yg tersedia di buat oleh orang yg berbeda yg kesemuanya memiliki pilihan kata dan frase yg juga berbeda. Jadi, sastra yg tadinya memiliki nilai seni yg jauh lebih tinggi akan berkurang jika sudah di terjemahkan karena ada banyak kata-kata dan frase dari bahasa asing yg tak di terjemahkan karena tak ada padanan kata yg tepat pada bahasa sasaran. Untuk dapat memahami sastra seperti, buku, music, dan film dalam bahasa asing. Kita mesti dapat mengakses teks asinya dengan kemampuan terjemahan kita sendiri.
4    4.         Kesempatan Belajar Ke Luar Negeri
Kemampuan dalam berbahasa asing dapat membantu kita untut mendapatkan pendidikan di luar negeri. Ada banyak Negara di dunia yg menawarkan beasiswa bagi orang yg ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri jika kamu bisa bahasa Negara tersebut.  
      5.         Jendela Dunia
Belajar bahasa asing dapat membantu kita untuk memahami budaya-budaya yg jauh berbeda dengan budaya kita, sehingga kita tidak dengan mudah menjudge budaya orang sebagai budaya yg salah. Kebanyakan orang hanya mendengar kejelekan budaya orang lain dengan hanya mendengar dari mulut ke mulut, namun semua yg kita dengar dari orang lain belum tentu benar karena hampir semuanya merupakan pendapat-pendapat orang yg tidak kita kenal. Namun jika kita dapat langsung berkomunikasi dengan orang yg bersangkutan, mungkin kita akan mendapat pendapat yg jauh berbeda dan kita dapat belajar one thing or another dari orang tersebut.
Sebenarnya masih banyak alasan mengapa belajar bahasa asing itu penting dan bisa kamu baca sendiri di mbah google for he knows more than I do. Jadi jangan ambil pusing jika kamu bertemu dengan orang yg mengatakan bahwa belajar bahasa asing, seperti Bahasa Inggris, German, Spanyol, Rusia, Jepang, dan bahasa lainnya tidak berguna atau buang-buang waktu. Put your middle fingers up in the air and Fuck ‘em all.





0 comments:

Post a Comment