Pages

Monday, March 31, 2014

6 Alasan Belajar Bahasa Spanyol


"Si hablas a un hombre en un idioma que entiende, va a su mente. Si le hablas en su idioma, va a su corazón"
- Nelson Mandela
"If you talk to a man in a language he understand, that goes to his head. If you talk to him in his language, that goes to his heart"



Saya telah mempelajari bahasa Spanyol hampir selama 3 atau 4 bulan dan sejauh ini saya sudah memasuki level A2 yaitu level dimana saya dapat berkomunikasi tentang kehidupan sehari-hari dan juga dapat membaca koran dalam bahasa spanyol dengan pemahaman 40 hingga 60 % yg menurut saya pencapaian yg cukup luar biasa.
Selama proses belajar banyak orang yg bertanya mengapa saya tidak belajar bahasa Jerman saja, mengapa mesti Spanyol?
Nah untuk menjawab semua pertanyaan seperti yg diatas, di bawah ini adalah alasan mengapa saya memberanikan diri belajar bahasa spanyol.

1.     Bahasa kedua paling banyak di gunakan di dunia
Bahasa spanyol di gunakan oleh setidaknya 350 juta orang di dunia. Hasil sensus di atas bukan hanya karena spanyol memiliki jumblah native speaker terbanyak kedua setelah Cina, namun juga karena spanyol merupakan bahasa paling banyak di pelajari setelah bahasa inggris (bahasa cina tidak begitu banyak di gunakan di luar Mainland Cina, Cina menempati no 1 bahasa terbanyak di gunakan di dunia, karena jumblah populasi mereka, bukan karena banyak yg mempelajarinya). Ada 21 negara yg menjadikan spanyol sebagai bahasa utama. Seperti Spanyol, Meksiko, Amerika Serikat, Argentina, Bolivia, Chile, Kolombia, Costa Rica, Kuba, Rebublik Domincan, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nicaragua, Panama, Paraguai, Peru, Puerto Rico, Venezuela, Equatorial Guinea, Sahara bagian barat. Jadi bila kalian mengerti bahasa spanyol, kalian dapat berkomunikasi dengan 1/3 penduduk di seluruh dunia. (Di Amerika Serikat bahasa paling banyak di gunakan ke dua adalah bahasa spanyol)

2.    Bahasa yg paling gampang di pelajari
Bahasa Spanyol merupakan salah satu bahasa yg paling mudah di pelajari. Kebanyakkan kosa katanya mirip dengan kosa kata bahasa inggris, dan penulisanya hampir sama seperti bahasa indonesia dimana kata di baca sebagaimana kata tersebut di tulis. Hanya ada beberapa pengecualian, dan sekali di pelajari maka kalian bisa membaca dan berbicara bahasa spanyol dengan mudahnya. Untuk masalah grammar, memang agak susah, namun berdasarkan pengalaman saya, hanya dalam beberapa minggu mempelajari dasar-dasarnya saja, saya telah dapat membentuk kalimat bahasa spanyol. Jadi jangan kuatir, yg penting let it flow. (untuk pemula, saya sarankan belajar 30 menit perharinya, jangan lewat dari 30 menit, karena nanti cepat bosan)

3.     It’s fun
Bagi saya, dapat berbicara, membaca, atau mendengar sesuatu dalam bahasa spanyol merupakan sesuatu hal yg benar-benar menyenangkan. Hal yg sama mungkin pernah sobat rasakan pada saat belajar bahasa inggris. Pada awalnya memang sulit, namun lambat laut, semakin mudah bagi sobat untuk membaca, mendengar, dan berbicara dalam bahasa inggris. It really is worth your time, trust me :)

4.     Traveling
Seperti yg saya sebut sebelumnya bahwa ada 21 negara di dunia yg menjadikan bahasa spanyol sebagai bahasa utama. Jadi bila suatu hari nanti sobat berkunjung ke salah satu dari Negara tersebut, perjalanan sobat akan jauh lebih menyenangkan karena sobat dapat berkomunikasi dengan orang local yg tak dapat berbahasa inggris. Dan berdasarkan info yg saya dengar, travel ke latin amerika dan spanyol lebih murah dibandingkan travel ke German, Swiss, dan Perancis. Bagi yg berjiwa backpacker, tentunya semakin murah akomodasi, semakin lama kalian dapat bertualang di negeri tersebut.

5.     Belajar bahasa asing jadi lebih gampang
Belajar bahasa asing tentunya membutuhkan kesabaran dan niat yg besar. Nah hal ini lah yg nantinya akan membantu kalian untuk mempelajari bahasa asing lain seperti Perancis, Portugis, dan Italia. Ketiga bahasa tersebut berasal dari rumpun bahasa yg sama, yaitu latin, sama halnya dengan bahasa Spanyol. Hampir semua kosa kata dan tata bahasa masing-masing bahasa di atas memiliki kesamaan yg tak jauh berbeda. Jadi bagi yg ingin belajar bahasa Perancis yg terkenal susah, akan lebih mudah jika kalian belajar bahasa spanyol terlebih dahulu.

6.     Mendapat peluang kerja
Dapat berbicara lebih dari satu bahasa merupakan skill yg dapat kalian sebutkan di CV lamaran kerja kalian. Bila kalian ingin bekerja di luar negeri, seperti di kedutaan indonesia, pemahaman bahasa selain bahasa inggris akan sangat membantu peluang kalian untuk di pekerjakan di Negara di mana bahasa tersebut di gunakan.


Nah, ke 6 alasan di ataslah yg memberanikan saya untuk mepelajari bahasa Spanyol. Memang pada tahap awal agak susah, sama halnya pada saat sobat pertama kali belajar naik sepeda, tampak susah pada awalnya, namun jika terus di coba setiap hari pada akhirnya sobat berhasil naik sepeda. Nah hal yg sama juga terjadi pada saat kita belajar bahasa, kita haru belajar setiap hari agar bahasa tersebut untuk masuk ke kepala. Saran saya, kalian belajar tak lebih dari 30 menit perhari, karena seperti yg saya sebutkan di "cara mudah belajar bahasa asing" kualitas belajar lebih penting daripada kuantitas waktu belajar. So what are you waiting for? 

8 comments:

  1. Wow...luar biasa,bileh diberikan referensi kl ingin kursus bahasa spanyol murah dijakarta dimana? Muchas gracias

    ReplyDelete
  2. aku pengen jadi penerjemah bahasa Spanyol Indonesia di Madrid #halamadrid gracias blog

    ReplyDelete
  3. Hola... gracias
    bahasa spanyol memang menyenangkan di pelajari

    ReplyDelete
  4. Waw kak, 3-4 bulan udah A2 itu luar biasa banget! Kkak belajar otodidak atau ngambil kursus? Aku pingin banget belajar bahasa Spanyol karena memang banyak kata-katanya yang mirip sm bahasa Perancis. Cuman aku kesusahan sedikit saat mengucapkan abjad2nya (mungkin belum terbiasa) terus juga aku terhalang sm "accentuacion" nya.

    ReplyDelete
  5. Hola..Gracias...

    Me llamo Amanda


    Spanish language is very fun to learned... :)

    My whatsapp : +6285973017059

    Untuk saling sharing soal spanish

    ReplyDelete

  6. PT Perkasa Multindo Sejahtera bergerak di bidang jasa konstruksi pembuatan Waterpark,Waterboom,wahana air,Playground,Fiberglass dan wave Pool,swimming pool,privat Pool,kiddy pool,jasa pembuatan kolam ombak,jasa pembuatan waterslide,jasa pembuatan fiberglass,jasa pembuatan boom blazter,jasa pembuatan race slide,jasa pembuatan ,jasa pembuatan patung2 fiber dan ornamen dll.
    kami juga membuat kolam renang fiberglass,tangki fiber dll

    085.100.463.227

    http://www.kontraktorwaterparkindonesia.com/



    Dengan menangani layanan jasa sebagai berikut :

    1. Perencanaan/design.
    2. Landscaping
    3. Jasa pembuatan Fiberglass,produk Fiberglass
    - Papan pantul ring basket
    - Jasa pembuatan Box delivery fiberglass,box makanan,box delivery motor
    -Jasa pembuatan Patung-patung,jasa pembuatan maskot
    -Jasa pembuatan Miniatur
    -Jasa pembuatan Mainan
    -Jasa pembuatan perahu Fiberglass
    -Jasa pembuatan Odong-odong
    -Jasa pembuatan tong sampah Fiber
    – Jasa pembuatan Water slide (boomerang, waterboom, race slide, torpedo, )
    -Jasa pembuatan Perahu Fiberglass
    – Jasa pembuatan Ember Tumpah
    – Jasa pembuatan Mannequin, playground
    – Jasa pembuatan Patung-patung, Maskot, Sepeda air
    – Jasa pembuatan Untang anting dll
    – Untang anting,Roller coster,kincir angin,kora2 dll
    4. Konstruksi, sipil.
    – Kolam (kolam Ombak, kolam arus, Kiddy pool, semi olympie, surfing Pool/kolam selancar dll)
    – Ruang mesin, Blancing Tank, Ticketing dan sarana pendukung lainnya.
    5. Mechanical Electrical and Plumbing
    – Genset
    – Plumbing System, Treatment System
    – Instalasi Cable
    – Dll
    Kami juga menerima jasa pembuatan Kolam ombak
    Harga Sistem Kolam Ombak Kecil Rp 650jt
    Harga Sistem Kolam Ombak Sedang Rp 850jt
    Harga Sistem Kolam Ombak Besar Rp 950jt

    Term & Condition : Harga tidak termasuk biaya kirim Harga termasuk pemasanga Harga tidak termasuk Watertreatment

    ReplyDelete
  7. CV Bahagia sukses makmur menerima pesanan pembuatan huruf timbul dan neon box,
    Kami hadir dengan konsep, tujuan serta hasil karya yang maksimal, baik kualitas bahan dasar, hasil finishing maupun harga yang kompetitif.

    Huruf timbul biasa digunakan untuk media yang sering dipakai agar lebih mudah mengetahui identitas suatu brand atau nama perusahaan, cafe, toko, hingga nama jalan.
    Namun huruf timbul tak hanya dipakai untuk menandai sebuah nama saja, tapi juga citra dari lembaga yang dimaksud.

    kami juga menyediakan berbagai jenis bahan huruf timbul, diantaranya :

    - huruf timbul akrilik

    - huruf timbul galvanil

    - huruf timbul stainless

    - huruf timbul kuningan

    - huruf timbul led box, neon box

    - totem/ pylon sign

    Berdasarkan bahan yang digunakan kami menyediakan harga yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi dan bahan finishing yang digunakan. Penawaran dibuat sesuai kebutuhan dilapangan dengan pengukuran terlebih dahulu.

    kami pastikan setiap costumer mendapatkan hasil yang memuaskan dan dengan kualitas yang bagus.

    Untuk informasi lebih jelasnya mengenai harga, bisa HUB 081112520806 / 085691938144
    office : Ruko cendana raya no 15A Bencongan indah Karawaci tangerang.

    Jasa pelayanan kami dapat di akses untuk seluruh daerah indonesia.



    https://huruftimbuljakarta123.blogspot.com/
    #huruftimbul



    #jasahuruftimbul



    #jasaneonbox



    #jasahuruftimbulakrilik



    #jasahuruftimbulgalvanil



    #jasahuruftimbulstainless



    #jasahuruftimbulkuningan

    ReplyDelete
  8. CV Bahagia sukses makmur menjual dan menyewakan tenda roder dengan berbagai macam ukuran.
    Tenda roder biasanya digunakan untuk tenda gudang, tenda pabrik, tenda pernikahan, tenda bazaar, tenda gathering, dan acara lainnya yang membutuhkan ruangan luas. Atau dalam kondisi seperti ini, tenda roder juga bisa digunakan sebagai tenda vaksinasi, tenda darurat, dan tenda isolasi covid.

    Tersedia ukuran mulai 10x5, 10x10, 10x15, 10x20, 10x30,dsb
    Tersedia berbagai macam bahan sesuai dengan keinginan anda.
    Rangka aluminium.

    Melayani seluruh indonesia, jabodetabek dan luar jabodetabek.
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :
    Telp/WA : 0811 1252 0806/ 0856 9193 8144
    Office : Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.



    https://kontraktortenda10.blogspot.com/

    #tendaroder
    #tendagudang
    #tendagudangaceh
    #tendagudangriau
    #tendagudangpadang
    #tendagudanglampung
    #tendagudangmedan
    #tendagudangpalembang
    #tendagudangbanten
    #tendagudangserang
    #tendagudanglebak
    #tendagudangtangerang
    #tendagudangtangsel
    #tendagudangjakarta
    #tendagudangdepok

    ReplyDelete