Pages

Monday, March 3, 2014

Cara mudah menghafal kosa kata bahasa inggris

Cara mudah menghafal kosa kata bahasa inggris. Sebagai seorang pelajar bahasa inggris, saya tahu bagaimana susah nya untuk menghafal kosa kata bahasa inggris yang jumblah nya berjibun. Seperti kita tahui bersama , Bahasa inggris merupakan bahasa penghubung yang paling banyak di pelajari dan di gunakan di seluruh dunia. Hal ini lah yang membuat kosa kata bahasa inggris bertambah setiap tahunnya. Hampir setiap tahun muncul kosa kata inggris yang baru. Cara yang akan saya jelaskan di artikel ini merupakan cara menghafal bahasa inggris yang telah saya buktikan sendiri keberhasilannya. Saya telah menggunakan cara ini sejak saya pertama kali belajar bahasa inggris, bahkan saya juga menggunakan cara yang sama untuk menghafal kosa kata bahasa Spanyol dan sejauh in kosa kata yang saya masukkan ke kepala saya sudah cukup banyak karena Alhamdulillah saya sudah bisa menguasai bahasa Spanyol dengan tinkatan A2 (survival Spanish) hanya dalam 2 bulan. Nah penasaran seperti apa caranya?

Cara ini saya sebut Active Reading dan hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit, ya, READING. Eps, jangan kabur dulu, kamu tidak saya suruh baca buku yang tebalnya 10 inci. Hanya satu kertas A4. Jika kamu mengaplikasikan semua yg saya katakana di bawah ini, maka kamu akan berhasil, namun jika kamu Cuma skim atau lihat sekilas, maka kamu tak akan berhasil alias you failed. Active reading ini bukan hanya membantu kamu menghafal kosa kata namun juga pronunciation dan grammar kamu. Sejauh ini, cara inilah yang paling mudah yang pernah saya gunakkan, percaya atau tidak, silah kan di coba.

Pertama           : Carilah text bacaan bahasa inggris singkat sekitar 3 atau 5 paragraf, text nya bisa kamu dapatkan dari buku yg telah tersedia di kamar mu, di pustaka sekolah atau online.  Biasanya saya cari text bacaan bahasa inggris dari internet, karena lebih gampang, tinggal di copy paste dan di print. Kalau kamu bingung website apa yang bagus, klik link ini VOA Learning English

Kedua             : Setelah kamu dapatkan text yang kamu inginkan, Kemudian copy paste text nya ke Word dan di print. Print 2 rangkap, yg satu di simpan dulu. Di langkah pertma saya sebutkan text sebaiknya  panjang texk sekitar 3 atau 4 paragraf saja, supaya kamu tidak cepat bosan dan juga supaya text nya Cuma satu kertas sehingga bisa kamu lipat dan bawa kemana2.

Ketiga             : Setelah di print, maka segeralah baca text tersebut sebanyak 3 kali. Kamu harus relax, jangan kuatir dan gelisah jika ada beberapa kata yang tidak kamu pahami, Baca saja 3 kali. Nah setelah itu, barulah kamu ambil Balpoin warna hitam atau merah, atau warna apapun yg kamu sukai dan mulailah buat linkaran di kata2 yang baru atau tidak kamu pahami. Ketika semua kata yg tak di mengerti telah di lingkari, kemudian cari makna kata2 tersebut di kamus, saya rekomendasikan Kamus hasan sadily, oxford ataupun Webster dictionary. Setelah kamu temukan makna katanya, Kemudian tariklah garis panjang dari kata yg dilinkari ke tempat kosong di sekitar text, sebaiknya 5 sampai 10 cm. Pada tahap ini saya juga menganjurkan kamu2 semua untuk juga menulis cara membaca kata2 tersebut supaya kamu bisa mengucapkannya dengan baik dan benar.  Setelah semua arti kata2 baru di tulis di sekitar text, baca lagi text tersebut 3 kali. Jika kamu masih tidak tahu arti kata2 tadi, tinggal kamu liat artinya di ujung garis kata yang di lingkar. 

Keempat          : Setelah kamu paham benar arti kata2 yang di lingkari, lalu ambil kertas yg di simpan tadi dan kemudian di baca kembali sekitar 3 kali. Nah pada tahap ini saya yakin seratus persen kamu telah hapal kata2 baru tersebut


NP
1. Bacalah text yang sesuai dengan level kamu dengan tema yg kamu sukai, kalau text nya terlalu advance dan temanya yg tidak kamu sukai nanti kamu akan cepat bosan karena mungkin jumblah kata baru yang tidak kamu ketahui berjibun.
2. Sebaiknya proses pertama kamu lakukan di pagi hari, setelah sholat subuh. Ingat, pertama baca 3 kali tanpa kamus, ke dua cari arti kata2 nya dan lalu di baca lagi 3 kali. Setelah itu ambil kertas print ke dua tanpa coretan dan di baca juga 3 kali. Jadi total semuanya 9 kali baca. Kemudian siang juga di baca 3 kali, sore 3 kali dan sebelum tidur 3 kali. Setelah di hafal semua, ke dua kertas di simpan, dan minggu depannya di di baca lagi untuk mereview.
3. Kalau kamu lakukan semua yg saya katakan di atas, saya guarantee kamu bisa hafal banyak kosa kata bahasa inggris


                      
                       Gambar Ilustrasi Menyusul

0 comments:

Post a Comment